Jumat, 18 November 2011

MotoGP Sekarang Kurang Menarik dan Harus Berubah!




Motogp musim ini memang hanya menampilkan 17 motor yang telah bertanding dimusim ini (2011). Dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa hanya merk motor tertentu yang menrajai Motogp musim 2011, yaitu : Honda dan Yamaha. Hal ini menimbulkan kecemasan jika nantinya mungkin saja hanya Honda yang akan selalu tampil di grid.Dan jika itu terjadi, maka di takutkan tontonan Motogp musim selanjutnya akan membosankan. Karena kurangnya persaingan antara semua rider dan motornya.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, yakin bila tontonan yang ditawarkan MotoGP saat ini tidak terlalu menyenangkan. Karena itu, olahraga tersebut harus segera bereaksi sehingga tidak ditinggalkan para penggemar. lanjutnya lagi kepada majalah Motosprint, " "Saya tidak suka dengan yang terjadi sekarang," ujar Ezpeleta kepada majalah Motosprint. "Saya tidak suka dengan MotoGP sekarang. Kami memiliki sejumlah seri di mana Honda sangat cepat, sedangkan yang lainnya lebih pelan, bahkan lainnya lebih buruk. Dengan hal tersebut maka hanya sedikit terjadi pertarungan, sehingga tontonannya tidak menarik.

"Ini bukan hanya masalah persaingan teknologi, tetapi juga olahraga dan entertainment. Saya tidak suka situasi ini, sehingga hal tersebut tidak akan berlangsung lebih lama."

Dorna menawarkan satu solusi,Dorna memiliki salah satu solusi, yaitu sistem baru Claiming Rule Teams (CRT), yang akan memungkinkan elemen-elemen mesin produksi dimodifikasi. "Sekarang jelas, bahwa cara motor dibangun tidak bekerja sama sekali," ujarnya. "Itu tidak sesuai dengan situasi ekonomi dunia. Jika kita bertahan dengan cara ini, ketika sejumlah tim tak punya dana untuk menyewa motor, maka pada 2013 kita hanya memiliki dua motor Honda di grid! Olahraga ini tidak seharusnya seperti ini.

"Saya sudah memutuskan tidak akan membantu lagi, dari sisi finansial, tim yang menyewa motor MotoGP. Dorna hanya akan membantu tim-tim yang menggunakan aturan CRT. Jika kami mendapatkan situasi di mana tiga konstruktor menempatkan total enam motor, kami akan memberikan dukungan dan bantuan secara finansial hanya kepada tim-tim CRT. Cara ini kami akan lakukan untuk mendapatkan 16 motor yang dibutuhkan."

Ezpeleta menambahkan, dia terkejut dengan tontonan yang terjadi di kelas Moto2. Ketika orang menganggap level ini lebih rendah daripada MotoGP, kelas tersebut justru menyajikan tontonan yang sangat menarik.

Namun solusi CRT tersebut tidak disetujuhi semua tim dan ridernya. Salah satu yang tidak setuju adalah Casey Stoner, Juara dunia motogp musim ini, mengancam akan keluar dari Motogp jika CTR diberlakukan.



Dilain pihak Jorge Lorenzo, Juara dunia motogp tahun 2010, menyatakan dukungannya atas sistem CRT tersebut. Lorenzo berpendapat "Apapun langkah untuk memotong biaya balap ditengah krisis global ini diharapkan dapat menarik minat sponsor untuk masuk di dunia balapan motor dengan investasi yang sedikit adalah positif. Dari sudut pandang pribadi saya, jika kecepatan dan kekuatan juga berkurang di masa depan. Ini akan lebih baik karena kita mencapai kecepatan dan kekuatan yang berlebih. Balapan dengan kecepatan motor 360 km per jam memang sangat menyenangkan, tapi pada akhirnya itu adalah sedikit berbahaya. Tidak ada pilihan lain, kita harus melakukan itu atau sama sekali tak akan berkembang.Itu adalah keputusan darurat untuk mengisi grid,"kepada kantor berita Spanyol EFE.

0 comments:

Posting Komentar